Mitsubishi Pajero Sport dengan unit 2.477 cc 4-silinder menggunakan
teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) berpadu dengan
Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler. Tenaga 178 dk
dan torsi 350 Nm disalurkan ke roda belakang via transmisi otomatis
5-speed.
VGT sendiri ialah teknologi yang disematkan oleh Mitsubishi dengan fungsi mengoptimalkan kinerja turbin untuk menggapai torsi maksimal di putaran rendah namun tidak mengorbankan tenaga mesin saat di putaran mesin maksimal. Alhasil, turbo-lag pun kian minim sehingga rasa berkendara kian nyaman.
VGT sendiri ialah teknologi yang disematkan oleh Mitsubishi dengan fungsi mengoptimalkan kinerja turbin untuk menggapai torsi maksimal di putaran rendah namun tidak mengorbankan tenaga mesin saat di putaran mesin maksimal. Alhasil, turbo-lag pun kian minim sehingga rasa berkendara kian nyaman.
GPS memudahkan pencarian rute perjalanan | Paddle shif menambah fitur pada Pajero Sport | Audio steering memudahkan dalam kontrol audio |
BBM pada Pajero Sport tidak sebaik
teman-teman diesel lainnya. Dengan total jarak tempuh 166,8 km, Pajero
sport hanya mencatat penggunaan BBM 9,17 km/liter.
Pengujian akselerasi 0-40 km/jam dan 0-60 km/jam di jalur pendakian di daerah Tangkuban Perahu ialah pengetesan selanjutnya yang kami lakukan. Hal ini guna mengetahui seberapa besar torsi dan tenaga yang dimiliki mobil tersebut.
Hasilnya pun tidak begitu mengecewakan. Untuk akselerasi di jalur pendakian dengan kemiringan 9,8°, Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x2 mampu menuntaskan waktu 4,2 detik untuk 0-40 km/jam dan 8,1 detik pada 0-60 km/jam.
Pengujian akselerasi 0-40 km/jam dan 0-60 km/jam di jalur pendakian di daerah Tangkuban Perahu ialah pengetesan selanjutnya yang kami lakukan. Hal ini guna mengetahui seberapa besar torsi dan tenaga yang dimiliki mobil tersebut.
Hasilnya pun tidak begitu mengecewakan. Untuk akselerasi di jalur pendakian dengan kemiringan 9,8°, Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x2 mampu menuntaskan waktu 4,2 detik untuk 0-40 km/jam dan 8,1 detik pada 0-60 km/jam.
Audio steering memudahkan dalam kontrol audio | Transmisi otomatis menambah nilai kenyamanan | Panel di dashbord terlihat sederhana |
Ketika melakukan akselerasi Pajero
Sport Dakar yang memilki Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler,
cukup terasa hempasan tenaga yang diberikan. Tapi hebatnya Mitsubishi
telah menyempurnakan 'turbo-lag’, sehingga Pajero Sport Dakar lebih
nyaman dan minim hentakan ketika diajak berakselerasi.
Tidak luput pengetesan keheningan kabin pun kami uji. Mesin diesel yang dikenal memiliki getaran tinggi dan suara yang bising, pun segenap hilang.
Hal ini terbukti keheningan kabin yang dimiliki Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x2 cukup baik. Ketika idle keheningan kabin Pajero Sport mencatat 51,6 dB, sedangkan ketika 2.000 hanya mencatat 58,5 dB. Terlihat tidak seperti mesin diesel kan?
Our Opinion
Mitsubishi menyematkan teknologi VGT dan intercooler pada Pajero Sport Dakar. Hasilnya pun memang terbukti dapat meningkatkan tenaga dan meminimalkan turbo-lag, sehingga tak terjadi kekosongan tenaga saat perpindahan gigi.
Tidak luput pengetesan keheningan kabin pun kami uji. Mesin diesel yang dikenal memiliki getaran tinggi dan suara yang bising, pun segenap hilang.
Hal ini terbukti keheningan kabin yang dimiliki Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x2 cukup baik. Ketika idle keheningan kabin Pajero Sport mencatat 51,6 dB, sedangkan ketika 2.000 hanya mencatat 58,5 dB. Terlihat tidak seperti mesin diesel kan?
Our Opinion
Mitsubishi menyematkan teknologi VGT dan intercooler pada Pajero Sport Dakar. Hasilnya pun memang terbukti dapat meningkatkan tenaga dan meminimalkan turbo-lag, sehingga tak terjadi kekosongan tenaga saat perpindahan gigi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar